Mengumpulkan dan menyalurkan Zakat Fitrah

This slideshow requires JavaScript.

Zakat fitrah merupakan salah satu ibadah didalam bulan ramadhan yang diwajibkan bagi umat islam yang mampu untuk mengeluarkannya kepada mereka yang berhak menerimanya.Warga Vila Gading permai yang dimotori oleh ketua koordinator Bapak Rusdiana sepakat membuat posko yang menerima dan menyalurkan zakat fitrah, infaq maupun Shadaqah, berlokasi di “masjid darurat” yang sengaja dibangun sebagai tempat melakukan berbagai kegiatan warga Vila Gading Permai selama bulan ramadhan seperti : shalat wajib & tarawih berjamaah, tadarus al qur’an serta buka puasa bersama yang diadakan setiap hari minggu . Adapun petugas yang ditunjuk untuk menerima zakat (amil) adalah: Pak Mumu, Pak Maryu, Pak Dindin dan Pak Maki

Tepat sehari setelah diadakan acara buka puasa bersama ketiga yang dihadiri oleh Ibu Kepala Desa yang bersedia hadir bersama Kaur Umum Desa Jabon Mekar, alhamdulillah turun hujan setelah lama tidak turun hujan.Setelah hujan reda, tenda “masjid darurat” rubuh karena tidak kuat menampung air hujan. Akhirnya posko zakat dialihkan ke rumah Pak Rusdiana.

Pada hari minggu tanggal 12 Agustus 2012 banyak warga yang menunaikan zakat fitrahnya terdata sebanyak 41 orang.

Kemudian pada tanggal 13 Agustus 2012, dibuat dua regu masing masing regu terdiri dari satu amil ditemani beberapa warga menjemput bola mendatangi rumah – rumah yang belum sempat membayar zakat untuk memudahkan mereka yang sudah niat berzakat. Regu pertama terdiri dari Pak Mumu sebagai Amil ditemani oleh Pak Wahyu dan Pak Purnomo, kemudian Regu Kedua terdiri dari Pak Maryu ditemani oleh Pak Arif dan Pak Adit. Alhamdulillah terkumpul sejumlah uang. Karena sudah malam akhirnya kegiatan dihentikan dan akan diteruskan besok malam.

14 Agustus 2012 malam tim penjemput zakat meneruskan usahanya mendatangi rumah- rumah yang kemarin belum sempat didatangi, kali ini hanya ada satu grup yang terdiri dari tiga orang. Di saat yang bersamaan  Pak Hendri, Pak Juli, Pak Dani, Pak Ade, Pak Fikri, Pak Purnomo,  Pak Arif berkumpul di rumah Pak Rusdi untuk membagi THR untuk Tim Pengamanan, Tim Kebersihan serta perangkat desa dan juga merapihkan beberapa laporan keuangan.

Tiba saatnya membagikan zakat yang telah terkumpul kepada mereka yang berhak menerimanya, dengan harapan semakin kita cepat memberikan sehingga membahagiakan mereka yang memerlukan maka demikian juga cepatnya pertolongan Allah datang kepada kami yang membutuhkan.

Pembagian dilakukan dua kali, yang pertama pada malam Kamis tanggal 15 Agustus 2012 dan yang kedua pada hari Kamis tanggal 16 Agustus 2012, berikut ini laporan saat penyerahan zakat yang dilakukan pada malam kamis ditulis oleh Pak Wahyu :

Wisata Religi Malam Kamis (membagikan zakat fitrah)

Malam itu benar-benar merupakan pengalaman yang berharga buat saya pribadi, dimana kami membagikan zakat fitrah kepada orang-orang tua serta janda-janda di sekitar perumahan Vila Gading Permai.

Bersama-sama dengan Pak Rusdi, Pak Dani, Pak Juli, Pak Hendri, serta tetangga baru kita yang saya salut mau ikut serta, Pak Nanang,  dan saya sendiri, ditemani oleh security VGP, Pak Riko (mohon maaf apabila ada yang tidak disebut namanya).

Yang membuat hati saya terenyuh adalah orang yang kami datangi pada malam itu sudah sangat-sangat tua sekali, bahkan ada orang tua yang sedang sakit sehingga untuk berdiri-pun akan terasa sulit sekali, dan ada juga orang tua (suami) yang sedang menyuapi istri-nya makan pada saat kita datang, itulah yang membuat hati ini meringis dan merindukan orang tua kami pada malam itu…

(Semoga suasana kekeluargaan seperti ini bisa berlanjut setelah Bulan Ramadhan selesai agar terbina hubungan yang baik sebagai saudara seiman, terima kasih kepada Ibu Marni, Bapak Maman, Bapak Nabing, Bapak Kayat, Ibu Niin, Ma Tibi, Ma Kasi, sudah menerima kami anak-anak dengan ramah dan penuh kekeluargaan)

Total ada sekitar 6 atau 7 rumah yang kita datangi untuk menyerahkan zakat fitrah, dan tak lupa kami mampir kerumah ketua RT.01 untuk sekedar berbincang-bincang dan meminta izin untuk penyerahan zakat fitrah kepada warga sekitar. Dan karena waktu juga sudah menunjukkan jam 11 malam, maka perjalanan kami sudahi dan kembali kerumah masing-masing. Berikutnya, biar gambar yang berbicara..🙂 (mohon maaf apabila gambar kurang bagus, karena foto diambil hanya menggunakan handphone nokia 5310 dan keadaan sangat gelap sekali).

(HBY)

Wisata Religi Kamis Siang

Hari kedua, Kamis 16 Agustus 2012, Tim yang berangkat hanya dua orang yaitu Pak Maryu dan saya (adit) ditemani Pak Misar penduduk sekitar sebagai penunjuk jalan dan pemberi informasi siapa saja yang berhak menerima Zakat di RT.03.

Setelah ngobrol sebentar dengan Pak Rusdi, berangkatlah kami bertiga dari kediaman Pak Rusdi menuju lokasi pertama di RT. 03 melewati kolam ikan dan kebun yang memang masih banyak terdapat di sekitar perumahan, mampir sebentar di rumah Pak Misar berkenalan dengan istri dan putranya kami meneruskan perjalanan kerumah Ibu Anih, Alhamdulillah beliau ada didepan rumahnya, beberapa warga tampak berkumpul disekitar kediaman Ibu Anih, mereka menyapa kami dengan ramah, setelah memperkenalkan diri kami sebagai perwakilan dari warga Vila Gading Permai dan menyatakan maksud kami untuk menyerahkan amanah Zakat Fitrah kepada Ibu Anih langsung disambut dengan seruan Alhamdulillah dari Ibu Anih maupun beberapa warga yang ada, diteruskan dengan do’a dari Ibu Anih kepada penghuni Vila Gading Permai agar diberikan tambahan rezki.

Setelah berpamitan kami menuju lokasi kedua yaitu kediaman Ibu Napsiah yang berusia sekitar 100 tahun, beliau masih sehat dan berbicara dengan jelas hanya matanya saja yang sudah tidak bisa melihat, setelah mengucapkan salam dan memperkenalkan diri kami dipersilahkan masuk oleh anak beliau yang bernama Ibu Kikim, langsung menuju kekamar Ibu Napsiah yang terletak dibelakang, Beliau duduk menyambut kami dengan baik dan berterima kasih setelah zakat kami serahkan serta tak lupa mendoakan seluruh penghuni Vila Gading Permai agar panjang umur, sehat, banyak rezeki dan betah tinggal disana, aammiin.

Lokasi ketiga kami diantar ke rumah Ibu Sopiah yang sudah 1 tahun belakangan ini menderita stroke, bagin kanan tubuhnya sudah tidak bisa digerakkan lagi sehingga kami pun bersalaman dengan tangan kirinya, Beliau sangat senang dikunjungi dan dijenguk oleh kami sebagai perwakilan Vila Gading Permai, setelah menyampaikan Zakat kami pun berpamitan untuk meneruskan perjalanan kami ke RT.04.

(Semoga suasana kekeluargaan seperti ini bisa berlanjut setelah Bulan Ramadhan selesai agar terbina hubungan yang baik sebagai saudara seiman, terima kasih kepada Ibu Anih, Ibu Napsiah, Ibu Kikim dan Ibu Sopiah sudah menerima kami anak-anak dengan ramah dan penuh kekeluargaan)

Perjalanan menuju ke RT.04 kami lakukan berdua , sampai disana kami betemu dengan salah seorang warga yang menunjuki kami jalan serta rumah mereka yang berhak menerima zakat fitrah.

Pertama sekali kami menemui Ibu encum yang saat itu sedang berada di serambi rumahnya sedang asyik berbincang bersama dengan tetangganya. selesai menyerahkan zakat, kami terus kerumah Ibu Onih beliau juga memiliki tanggungan anak yatim dirumahnya , selanjutnya dalam perjalanan kami kerumah Ibu Usin kami bertemu dengan Ibu Inih, tanpa menunggu lama segera kami sampaikan amanah kepada beliau, Kamipun berpamitan dan segera melanjutkan perjalanan ke rumah Ibu Usin yang saat itu sedang duduk didepan rumahnya ditemani dua anak kecil, beliau dengan ramah menyambut kami, setelah berbincang sebentar kami berpamitan , kemudian tidak lama setelah berpamitan kami bertemu dengan Ibu enung dan Ibu Ijon dijalan, selesai sudah amanah dari warga Vila Gading Permai kami tunaikan Alhamdulillah lancar tanpa halangan sedikitpun.

(Semoga suasana kekeluargaan seperti ini bisa berlanjut setelah Bulan Ramadhan selesai agar terbina hubungan yang baik sebagai saudara seiman, terima kasih kepada Ibu Encum, Ibu Inih, Ibu Onih, Ibu Usin, Ibu Ijon, Ibu Enung sudah menerima kami anak-anak dengan ramah dan penuh kekeluargaan)

Kami berjalan pulang dengan perasaan lega karena telah menyampaikan amanah kepada mereka yang berhak, dan dengan pengalaman tersendiri bersilaturahmi dengan saudara saudara atau lebih tepatnya orang tua yang dengan keramahan dan kesederhanaannya membuat kesan yang mendalam yang tidak akan didapat seandainya tidak diberi kesempatan menjalani semua ini.

Semoga rekan – rekan di VGP nanti berkesempatan bersama-sama bersilaturahmi kepada orangtua kita disekeliling Vila Gading Permai untuk lebih mengenal dan saling menggembirakan.

Sekian dulu laporan perjalan kami, Daftar Muzakki dan laporan total penerimaan uang dan beras akan kami upload segera.

Mohon maaf atas segala kekurangan dalam penulisan.

5 thoughts on “Mengumpulkan dan menyalurkan Zakat Fitrah

    • Mari…. ! Dalam Rizki kita ada hak orang lain yang sangat membutuhkan uluran tangan kita. Apalagi Allah sudah menjanjikan bagi mereka yang berinfak maka akan dibalas beratus kali lipat.

    • Alhamdulillah, ini semua tak terlepas dari jerih payah warga VGP.
      Bagaiman jika kita mulai menyisihkan dana tiap bulan buat disumbangkan kpd yg berhak? misal tiap bulan kita menyisihkan 5rb. jika di kali 80 rumah maka bisa terkumpul 400rb. Lumayankan buat disumbangkan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s