Hiduplah Seperti Kedua Tangan

This slideshow requires JavaScript.

 “Tak usah bingung jika ingin masyarakat aman dan tentram. Kembalilah ke al-Qur’an.” Kata K.H. Zainudin Nur B.A dalam acara pembukaan pengajian bulanan sekaligus acara halal bihalal wilayah RW 03 Desa Jabon Mekar, Parung, Bogor. Kiayi Zainudin menyampaikan hal tersebut sebagai saran beliau kepada Ibu Kepala Desa Jabon Mekar, Bu Ina, yang memohon do’a dari Kiayi Zainudin untuk keamanan warga Jabon Mekar, (Kamis, 30 Agustus 2012).

“Al-Qur’an yang diturunkan pada Bulan Ramadhan merupakan sebuah petunujuk hidup bagi manusia, sebagai pembeda antara yang benar dengan yang bathil.” Tambah Kiayi Zainudin dalam ceramahnya. Beliaupun mengatakan bahwa Undang-Undang Dasar 1945 saja yang buatan manusia yang jumlah pasal dan ayatnya tidak seberapa dibanding dengan al-Qur’an dapat mengatur kehidupan bangsa Indonesia, apa lagi al-Qur’an yang dibuat langsung oleh Allah yang menciptakan manusia.

Selanjutnya Kiayi Zainudin menjelaskan tentang hubungan manusia dengan Allah dan hubungan manusia dengan sesama. Hubungan manusia dengan Allah diaplikasikan dengan ibadah ritual yang wajib umat Islam laksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk hubungan manusia dengan sesama diwujudkan dengan hidup rukun, tidak saling iri dan dengki.

“Hiduplah seperti kedua tangan.” Tambah Kiayi Zainudin ketika menjelaskan hubungan manusia dengan sesama. Tangan kanan dan kiri selalu saling bantu membantu. misalnya ketika kita makan buah pisang. tangan kiri memegang pisang dan tangan kanan membuka kulit pisangnya. Walau tangan kanan sudah bersusah payah membuka kulit pisang, namun dengan rela tangan kiri yang memegang pisangnya untuk dimasukkan ke dalam mulut. Karena dalam Islam dianjurkan untuk makan dengan tangan kanan maka dengang ikhlas tangan kiri memberikan pisang ke tangan kanan. Begitulah seharusnya kehidupan masyarakat, yang saling melengkapi antara yang satu dengan yang lain

Pengajian yang dilaksanakan di pelataran Masjid Jami’ al-Aqsha ini mengundang seluruh warga yang berada di lingkungan RT  1 sampai RT 5. Banyak warga yang menghadiri acara yang dilaksanakan selepas shalat Isya hingga menjelang pukul 23.00 WIB tersebut. Begitu juga dengan beberapa warga Vila Gading Permai yang belum genap satu tahun tinggal di wilayah Jabon Mekar turut memenuhi undangan dari Sekretariat Pengajian Bulanan Wilayah RW 03 yang diketuai oleh Bapak Arman Suherman, Ketua RW 03.

6 thoughts on “Hiduplah Seperti Kedua Tangan

  1. Terima kasih mas Maryu dah update, jadi saya yg tidak hadir tetap bisa mendapat informasi yang berharga seperti ini, kata Pak Rusdi fot-foto ada di Pak Wahyu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s