Pemimpin Bijak dan Pengikut Setia

Menjadi Pengikut yang setia

Ketika saya ikut berkumpul bersama warga Vila Gading Permai (VGP), Parung tadi malam (Selasa, 13 Nopember) salah seorang warga memuji Sang Koordinator VGP. “Sang Koordinator memiliki jiwa kepemimpinan”, begitu katanya. Tentu saya pribadi mendukung penilaiannya terhadap sang koordinator.

Semua orang sudah pasti mendambakan seorang pemimpin yang bisa mengayomi orang-orang yang dipimpinnya. Bagi seorang muslim tentunya memiliki panutan yang tiada bandingannya. Siapa lagi kalau bukan Nabi Muhammad SAW. Beliau memiliki jiwa kepemimpinan yang luar biasa.

Nabi Muhammad SAW adalah pemimpin yang bijaksana. Ada empat sifat yang ada pada diri Beliau. Keempat sifat itu antara lain Fathonah, Amanah, Shiddiq, dan Tabligh. Disingkat menjadi FAST. Fathonah artinya cerdas. Amanah memiliki arti dipercaya. Shiddiq artinya jujur. Terakhir tabligh yang memiliki arti menyampaikan.

Dibawah kepemimpinan Nabi Muhammad SAW ada para sahabat yang setia mendampingi perjuangan Nabi Muhammad dalam menciptakan kedamaian di muka bumi. Para sahabat yang menjadi penerus kepemimpinan Nabi Muhammad SAW antara lain Abu bakar Shiddiq, Umar Bin Khattab, Usman Bin Affan, dan Ali Bin Abi Thalib.

Abu Bakar Shiddiq terkenal dengan keimanannya yang amat tinggi. Umar Bin Khattab terkenal dengan ketegasannya. Usman Bin Affan terkenal dengan dermawannya. Ali Bin Abi Thalib terkenal dengan ilmunya yang banyak.

Kita dapat bercermin dari kehidupan Nabi Muhammad dan para sahabatnya. Jika kita ingin menciptakan lingkungan yang aman, damai dan sejahtera, maka selain ada seorang pemimpin yang bijak juga mesti ada pengikut yang setia. Pengikut yang ikhlas melaksanakan semua hal yang telah diputuskan bersama. Pengikut yang tidak ngedumel di belakang ketika ada keputusan yang kurang sreg bagi dirinya pribadi.

Ciputat, 14 Nopember 2012

8 thoughts on “Pemimpin Bijak dan Pengikut Setia

  1. Selamat Tahun baru Islam 1 Muharram 1434 H. Untuk Umat Islam Pada Umum dan Warga Villa Gading Permai pada khususnya,Semoga kita mendapatkan Rohmat,Nikmat dan Berkah serta dilancarkan rejeki kita masing-masing. Amin2x Yaarobalallahmin. K a r n o beserta Keluarga.

  2. Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1434 H..
    InsyaAllah kita semua warga VGP diberikan Nikmat sehat bahagia dan sejahtera berkahNya
    Selamat untuk Pak Adit bahwasanya istri tercinta telah melahirkan dengan selamat.. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s