Peringatan Isra Mi’raj di Masjid Vila Gading Permai (08-06-2013).

Persiapan berhari-hari yang dilakukan secara bersama-sama dan bertahap secara sistematis dilakukan oleh hampir seluruh warga Vila Gading Permai dalam menyambut peringatan Isra Mi’raj yang dilaksanakan pada tanggal 8 Juni 2013 di Masjid Vila Gading Permai.

Kami menyaksikan langsung betapa semangat yang tinggi dan kekompakkan mampu menaklukkan berbagai halangan pagi, siang, malam bersama-sama demi berlangsungnya acara.

Berbagai persiapan dilakukan demi terlaksananya seluruh rangkaian acara Peringatan Isra Mi’raj Perdana di VGP. Semua bahu membahu mulai dari merapikan lokasi, menata panggung, menyiapkan acara, menyiapkan makanan.

Mati lampu dan hujan beberapa jam sebelum acara semakin membuat kita mendekatkan diri kepada Allah SWT, betapa semua ini berada dalam kuasaNya, sehingga pada saat acara akan dimulai lampu sudah menyala, hujan pun berubah menjadi tetesan air yang lembut.

Para tamu Undangan turut hadir meramaikan acara, ada KH. Madroja (Pimpinan Pondok Pesantren Darul Muttaqien, Kepala Desa Ibu Ina Yuliana beserta aparat Desa semua dengan senang dan penuh kekeluargaan berbaur bersama warga, bahkan tetap berada ditempat sampai acara berakhir yang ditutup dengan makan bersama.

Acara dimulai dengan dari Ketua Panitia Peringatan Isra Mi’raj Bpk. Ust. Saeful Maki dilanjutkan oleh Pembina Vila Gading Permai Bp. Rusdiana, Ibu Kepala Desa Jabon Mekar Ibu Ina Yuliana. Kemudian acara diramaikan dengan lantunan marawis yang dibawakan oleh Remaja Masjid tetangga.

Tausiyah pertama oleh KH. Madroja yang penuh semangat menekankan pentin gnya kebersamaan, pendidikan terhadap anak, shalat berjamaah dan keyakinan kepada Allah SWT.

Sedangkan Tausiyah kedua dibawakan oleh Ust. Mumu.yang menjelaskan tentang Berbicara tentang isra’ mi’raj, setidaknya ada tiga hal yang perlu kita ketahui, yaitu:
1. Sebab terjadinya peristiwa isra’ mi’raj
2. Perjalanan isra’ mi’raj itu sendiri
3. Hikmah isra’ mi’raj

Sebab terjadinya isra’ mi’raj adalah berawal dari kesedihan yang sangat mendalam yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW. Beliau ditinggal wafat oleh pamannya Abu Thalib dan istrinya Khadijah. Kedua orang ini memiliki peran yang sangat penting dalam dakwah Nabi Muhammad, terutama sebagai tameng beliau dalam menghadapi ancaman orang-orang kafir yang mengahalang-halangi dakwah Nabi Muhammad SAW.

Allah SWT menghibur kekasih-Nya sekaligus akan memperlihatkan kepada utusan-Nya itu sebagian dari tanda-tanda kekuasaan-Nya, yaitu dengan di isra’ dan dimi’rajkannya Nabi Muhammad SAW agar hati dan jiwa Nabi Muhammad SAW tetap tegar dan kuat dalam melanjutkan misi dakwahnya sepeninggal paman dan istrinya, karena dakwah rasul selanjutnya ada dalam perlindungan Allah SWT. Bahkan Allah menjamin keselamatan rasul-Nya itu dari ancaman orang-orang kafir sebagaimana yang tercantum dalam Al Qur’an, surah Al Maidah ayat 67.

Perjalanan isra’ mi’rajnya rasul hanya memakan waktu yang sangat singkat. Padahal jarak yang ditempuh dalam perjalanan tersebut sangat jauh sekali. Itulah kuasa Allah, tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah, Karena Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Adapun hikmah dibalik isra’ mi’raj itu sendri adalah ujian keimanan bagi umatnya sekaligus mejadi tolak ukur bersih atau kotornya hati manusia dari berbagai macam penyakit hati. Karena, kebahagiaan yang hakiki bisa dicapai salah satu caranya yaitu dengan membersihkan hati, firman Allah SWT:

قَدْ اَفْلَحَ مَنْ تَزَكَّى … الخ
“Pasti beruntung dan bahagia orang yang bisa mensucikan dirinya.”
Hati akan bersih dari berbagai macam penyakit hati dengan 3 cara:
1. Perbanyak banyak istighfar
2. Hadir di majlis-majlis ilmu atau majlis ta’lim
3. Perbanyak bersedekah

Materi ini disampaikan pada perayaan isra’ mi’raj 1434 H oleh Al Haqir, Al Faqir ila rahmati Rabbihi, Mumu Munawi

ditutup dengan doa dan muhasabah oleh Pembina VGP Bp. Rusdiana.

Semoga Semua yang terlibat dan hadir (bapak-bapak dan Ibu-ibu) meramaikan acara peringatan Isra Mi’raj ini diberikan balasan yang berlipat-lipat dari Allah SWT dan Vila Gading Permai dihujani keberkahan dan bermanfaat untuk daerah sekitarnya.

Lihat juga foto-foto kerja bakti persiapan Isra Mi’raj klik disini

Foto : Wahyu, Arif, Karno

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s